Pengertian Manajemen
Pengertian
Manajemen - Secara Etimologis, Manajemen adalah kosa kata yang berasal dari
bahasa Perancis kuno, yaitu menegement yang berarti seni melaksanakan dan
mengatur. Sejauh ini memang belum ada kata yang mapan dan diterima secara
universal sehingga pengertiaanya untuk masing-masing para ahli masih memiliki
banyak perbedaan.
Secara umum
manajemen juga dipandang sebagai sebuah disiplin ilmu yang mengajarkan tentang
proses untuk memperoleh tujuan organisasi melalui upaya bersama dengan sejumlah
orang atau sumber milik organisasi. Dalam hal ini manajemen dibedakan menjadi 3
bentuk karakteristik, diantaranya adalah:
Sebuah proses atau
seri dari aktivitas yang berkelanjutan dan berhubungan.
Melibatkan dan
berkonsentrasi untuk mendapatkan tujuan organisasi.
Mendapatkan
hasil-hasil ini dengan berkerja sama dengan sejumlah orang dan memanfaatkan
sumber-sumber dimiliki si organisasi.
Ditinjau dari segi
fungsinya, manajemen memiliki 4 fungsi dasar manajemen yang menggambarkan
proses manajemen, semuanya terangkum sebagai berikut:
Perencanaan
Perencanaan
melibatkan urusan memilih tugas yang harus di lakukan untuk mempertahankan
tujuan organisasi, menjelaskan bagaimana tugas harus dilaksanakan, dan memberi
indikasi kapan harus dikerjakan.
Aktivitas perencanaan
memfokuskan pada mempertahankan tujuan. Para manajer menegaskan secara jelas
apa yang organisasi harus lakukan agar berhasil. Perencanaan fokus terhadap
kesuksesan dari organisasi dalam jangka waktu pendek dan juga jangan panjang.
Pengorganisasian
Pengorganisasian
yakni memberi tugas sebagai hasil dari tahapan perencanaan, tugas tersebut di
berikan kepada beragam individu atau grup didalam organisasi. Mengorganisir
adalah untuk menciptakan mekanisme untuk menjalankan rencana.
Pengaruh
Pengaruh merupakan
sebuah motivasi, kepemimpinan atau arah. Pengaruh dapat di definisikan sebagai
bimbingan dari aktivitas dari anggota organisasi dalam arah yang dapat membantu
organisasi lebih terarah untuk mencapai hasil atau target.
Pengendalian
Pengendalian merupakan
sejumlah peranan yang dimainkan oleh para manajer:
Mengumpulkan
informasi untuk mengukur performa.
Membandingkan
performa masa kini dengan sebelumnya.
Menentukan aksi
selanjutnya dari rencana dan melakukan modifikasi untuk menuai parameter
performa diharapakan
Pengertian
Manajemen Menurut Para Ahli
Menurut
G.R. Terry:
Manajemen
adalah suatu proses atau kerangka kerja, yang melibatkan bimbingan atau
pengarahan suatu kelompok orang-orang kearah tujuan-tujuan organisasional atau
maksudmaksud yang nyata.
Menurut
Henry Fayol:
Manajemen
mengandung gagasan lima fungsi utama yaitu, merancang ( planning),
mengorganisasi ( organizing ), memerintah (commanding ), mengoordinasi (
coordinating), dan mengendalikan.(controlling)
Menurut Hilman:
Manajemen adalah
fungsi untuk mencapai sesuatu melalui kegiatan orang lain dan mengawasi
usaha-usaha individu untuk mencapai tujuan yang sama.
Menurut Ricky W.
Griffin:
Manajemen sebagai
sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan
sumber daya untuk mencapai sasaran (goals) secara efektif dan efesien. Efektif
berarti bahwa tujuan dapat dicapai sesuai dengan perencanaan, sementara efisien
berarti bahwa tugas yang ada dilaksanakan secara benar, terorganisir, dan
sesuai dengan jadwal.
Menurut Drs. Oey
Liang Lee:
Manajemen adalah
seni dan ilmu perencanaan pengorganisasian, penyusunan, pengarahan dan
pengawasan daripada sumberdaya manusia untuk mencapai tujuan yang telah
ditetapkan.
Menurut William H.
Newman:
Manajemen adalah
fungsi yang berhubungan dengan memperoleh hasil tertentu melalui orang lain.
Menurut Renville
Siagian:
Manajemen adalah
suatu bidang usaha yang bergarak dalam bidang jasa pelayanan dan dikelola oleh
para tenaga ahli tyerlatih serta berpengalaman.
Menurut Prof. Eiji
Ogawa:
Manajemen adalah
Perencanaan, Pengimplementasian dan Pengendalian kegiatan-kegiatan termasuk
system pembuatan barang yang dilakukan oleh organisasi usaha dengan terlebih
dahulu telah menetapkan sasaran-sasaran untuk kerja yang dapat disempurnakan
sesuai dengan kondisi lingkungan yang berubah.
Menurut Federick
Winslow Taylor:
Manajemen adalah
Suatu percobaan yang sungguh-sungguh untuk menghadapi setiap persoalan yang
timbul dalam pimpinan perusahaan (dan organisasi lain)atau setiap system kerjasama
manusia dengan sikap dan jiwa seorang sarjana dan dengan menggunakan alat-alat
perumusan.
Lyndak F. Urwick:
Manajemen adalah
Forecasting (meramalkan), Planning Orga-nizing (perencanaan Pengorganisiran),
Commanding (memerintahklan), Coordinating (pengkoordinasian) dan Controlling
(pengontrolan).
Komentar
Posting Komentar