3 Sumber Mengenai Isi Perjanjian Tordesillas

Isi Perjanjian Tordesillas
Bangsa Portugis dan Spanyol sama-sama ingin menguasai dunia. Hal ini membuat Paus Yulis II turun tangan untuk menyelesaikan perseteruan Portugis dan Spanyol. Akhirnya, tercapailah suatu kesepakatan yang dinamakan Perjanjian Tordesillas pada tahun 1494.

Isi Perjanjian Tordesillas adalah membagi dunia ke dalam dua wilayah kekuasaan yang dibatasi oleh garis tordesillas yang membentang dari Kutub Utara ke Kutub Selatan melalui Kepulauan Verde di sebelah barat Benua Afrika. Spanyol diberi hak untu melayari dan menguasai negeri-negeri di sebelah barat, sedangkan Portugis menguasai negeri-negeri di sebelah timur.

Pada tahun 1512 Portugis berhasil menguasai Ternate. Pada saat yang sama Spanyol sudah bersekutu dengan Tidore. Terjadilah perseteruan dan perselisihan di antara mereka. Kemudian Paus turun tangan kembali menengahi perseteruan tersebut melalui Perjanjian Saragosa pada tahun 1528. Isi Perjanjian Saragosa adalah menetapkan bahwa garis saragosa membagi dunia menjadi dua wilayah kekuasaan yang dibatasi oleh meridian Jailolo di Irian (Papua). Dengan demikian, Spanyol harus kembali ke Filipina.

Bangsa Portugis dan Spanyol datang ke Indonesia dengan tujuan sebagai berikut: (1) Gold, yaitu mencari emas dan mencari kekayaan; (2) Glory, yaitu mencari keharuman nama, kejayaan, dan kekuasaan; (3) Gospel, yaitu tugas suci menyebarkan agama Kristen.

Romo Tambak 16 Oktober jam 5:24
Perjanjian Tourdesillas dan Saragosa tahun 1512 sebagai tanda Sirna Ilang Kertaning Bumi ....1400 saka.....sekitar 498 tahun lalu....tepat runtuhnya dinasti Majapahit.....baca selengkapnya tourdesillas dan saragosaa era kediri....JayaKatwang........., ken arok era kediri……., gajah mada era Majapahit …….lalu apa yang terjadi setelah 500 tahun telah terlewati kontrak perjanjian itu, tepat 2012 mendatang......masa peralihan perjanjian. Artinya kita tunggu masa peralihan jaman tersebut. 




Perjanjian Tordesillas
    Bangsa portugal dan spanyol sama-sama ingin menguasai dunia. Hal ini membuat Paus Yulis II turun tangan untuk menyeleseikan perseteruanportugis dan spanyol. Akhirnya,tercapailah suatu kesepakatan yang dinamakan perjanjian Tordesillas pada tahun 1494.
          Isi perjanjian tordesillas adalah membagi dunia dua wilayah kekuasaan yang dibatasi oleh garis tordesillas yang membentang dari kutub utara ke kutub selatan melalui kepulauan verde di sebelah barat Benua Afrika. Spanyol diberi hak untuk nmelayari dan menguasai negeri-negeri di sebelah barat, sedangkan portugis menguasai negeri-negeri di  sebelah timur.
          Pada tahun 1512 Portugis berhasil menguasai Ternate. Pada saat yang sama spanyol sudah bersekutu dengan Tidore. Terjadilah persekutuan dan perselisihan diantara mereka. Kemudian paus turun tangan kembali menengani persekutuan tersebut melalui perjanjian sarogosa pada tahun 1528. Isi perjanjian Sarongosa adalah menetapkan bahwa  garis sarongosa membagi dunia menjadi dua wilayah kekuasaan yang dibatasi oleh meridian jailolo di irian (Papua). Demikian, spanyol harus kembali ke Filipina.
          Bangsa Portugal dan Spanyol datang ke Indonesia dengan tujuan sebagai berikut:
1.      Glory, yaitu mencari emas dan mencari kekayaan
2.      Gospel, yaitu tugas suci menyebarkan agama Kristen.
Romo Tambak 16 Oktober jam 05:2




Perjanjian Tordesillas 
Perjanjian Tordesilllas (Bahasa Portugis: Tratado de Tordesilhas, Bahasa Spanyol: Tratado de Tordesillas) adalah suatu perjanjian yang ditandatangani di Tordesillas (sekarang di provinsi Valladolid, Spanyol) pada 7 Juni 1494 yang membagi dua belahan bumi di luar Eropa, sebelah timur dimiliki oleh Portugis dan sebelah barat oleh Spanyol.
Perjanjian Tordesillas yaitu : Perjanjian antara bangsa Portugis dan Spanyol.

Isi perjanjian Todesillas :
Bangsa Spanyol mendapatkan wilayah sebelah barat dari kepulauan Cape Verde (sebelah barat Afrika),Sedangkan bangsa Portugis mendapatkan wilayah sebelah Timur.

Tujuan dibentuknya Perjanjian ini adalah :
untuk mencegah bentrokan antarkedua negara itu dalam memperebutkan daerah kekuasaan Baru.







Komentar

Postingan Populer